Potong Rambut dan Kuku Jelang Hari Raya Idul Adha, Bagaimana Hukumnya? Berikut Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

- 5 Juli 2022, 16:01 WIB
Hukum memotong rambut dan kuku bagi yang berkurban menjelang Hari Raya Idul Adha menurut Ustadz Adi Hidayat
Hukum memotong rambut dan kuku bagi yang berkurban menjelang Hari Raya Idul Adha menurut Ustadz Adi Hidayat /Ceramah Pendek/YouTube

ZONABANTEN.com – Hari Raya Idul Adha 1443 H tinggal beberapa hari lagi, tepatnya tanggal 10 Juli 2022. 

Selain kurban, ada beberapa aturan dalam Islam menjelang Hari Raya Idul Adha, seperti tidak boleh memotong rambut dan kuku. Namun, apakah itu benar?

Dilansir dari kanal YouTube Ceramah Pendek, Ustadz Adi Hidayat menjelaskan tentang hukum memotong rambut dan kuku sebelum Hari Raya Idul Adha, lebih tepatnya bagi orang yang melakukan kurban.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan, bahwa adanya larangan memotong rambut dan kuku menjelang Hari Raya Idul Adha hukumnya adalah sahih.

Mengapa demikian? Larangan memotong rambut dan kuku sebelum melakukan ibadah kurban tersebut tertuang dalam hadits berikut yang berbunyi:

Siapa saja yang ingin berkurban dan apabila telah memasuki awal Dzulhijjah (1 Dzulhijjah), maka janganlah ia memotong rambut dan kukunya sampai ia berkurban,” – HR Muslim Nomor 1977 Bab 39.

Baca Juga: Fungsi Penting Usus Buntu, Simak Penjelasan dr Zaidul Akbar Sebelum Melakukan Operasi

Jadi, seperti yang terdapat pada hadits tersebut, jelas hukumnya bahwa mereka yang menunaikan ibadah kurban dilarang untuk memotong rambut dan kuku sebelum Hari Raya Idul Adha.

“Jika Anda berkeinginan kurban, maka jangan sekali-kali memotong atau menyentuh kuku dan rambut yang melekat pada tubuh,” kata Ustadz Adi Hidayat menambahkan. 

Halaman:

Editor: Bunga Angeli

Sumber: Youtube Ceramah Pendek


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x