Kisah Perdebatan Antara Nabi Adam dan Nabi Musa

- 7 Desember 2021, 05:29 WIB
Ilustrasi. Kisah Nabi Adam dan Nabi Musa
Ilustrasi. Kisah Nabi Adam dan Nabi Musa /Pixabay/

ZONABANTEN.com – Seperti kita tahu para umat muslim, bagaimana kisah Nabi Adam dan Hawa turun ke bumi.

Namun masih banyak yang mengetahui bahwa turunnya Nabi Adam dan Hawa ke bumi adalah karena memakan buah dari rayuan setan.

Hingga ini menjadi perdebatan antara Nabi Adam dan Nabi Musa, berikut ini perdebatan antara keduanya.

Rasulullah SAW bersabda, yang artinya,

Nabi Adam dan Nabi Musa saling berdebat, Musa berkata: “Wahai Adam, engkau adalah bapak kami. Engkau telah menjadikan kami rugi dan menjadikan kami keluar dari surga” Maka Adam pun berkata:” Wahai Musa, engkau adalah orang yang telah Allah pilih untuk diajak bicara dengan-Nya” dan di kesempatan lain dia berkata : “dengan risalah-Nya, dan Dia menulis dengan tangan-Nya untukmu. Akankah engkau mencelaku dengan suatu perkara yang Allah telah takdirkan sejak empat puluh tahun sebelum aku diciptakan?”, Beliau menambahkan : “Adam mendebat Musa, Adam mendebat Musa””

Baca Juga: Pemerinta Membuka Opsi Penundaan Umroh, Maraknya Omicron Di 15 Negara

Dari situ Nabi Musa memperdebatkan seolah-olah, menyalahkan jika saat itu Nabi Adam tidak memakan buah yang Allah larang maka akan tetap tinggal di surga.

Lalu Nabi Adam mengatakan, jika Allah telah memilih Nabi Musa dan diberikannya kitab taurat yang ditulis oleh Allah sendiri.

Namun apakah Nabi Musa akan tetap menyalahkan Nabi Adam, atas apa yang telah ditetapkan oleh Allah 40 tahun sebelum Nabi Adam diciptakan.

Yang dapat kita pahami dari hal ini adalah, jangan pernah menyalahkan karena Nabi Adam diturunkan dari muka bumi ini karena berbuat maksiat.

Halaman:

Editor: Yuliansyah

Sumber: Youtube Hidayah Indonesia


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x