Tiongkok Uji Coba Rudal Jarak Jauh DF 26, Tidak Mau Kalah, AS Luncurkan Minuteman III

- 6 Agustus 2020, 09:31 WIB
Rudal Balistik DF-26 milik China. /

ZONABANTEN.com - Ketegangan di Laut China Selatan masih berlanjut. Saat ini baik Amerika Serikat (AS) maupun Tiongkok mulai menguji coba kekuatan militer mereka terutama rudal balistik jarak jauh. 

Yang terbaru, Unit Roket Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) Tiongkok mengonfirmasi telah meluncurkan dua rudal balistiknya jenis DF-26 dan DF-16.

Hal tersebut dilakukan pihak Tiongkok untuk membalas AS yang melakukan uji coba rudal balistik antar benua mereka, Minuteman III.

Dikutip dari laman South China Morning Post, DF-26 merupakan rudal dengan jangkauan jelajah 4.000 kilometer (2.500 mil) dan merupakan rudal balistik bersenjata konvensional pertama di Tiongkok.

Baca Juga: Naik Rp.6.000 Rekor Baru Harga Emas Antam LM Rp.1.054.000, Kamis 6 Agustus 2020

Dengan kemampuan jangkauannya, rudal balistik DF-26 diyakini dapat menghancurkan kapal-kapal induk milik Angkatan Laut Amerika (US Navy).

Selain itu, rudal tersebut berpotensi menghancurkan Pangkalan Militer Andersen di Guam, Samudra Pasifik yang diduduk oleh tentara AS. Rudal yang dijuluki 'Pembunuh Kapal Induk' tersebut diperkirakan akan membuat pihak militer AS menjadi semakin was-was.

Sedangkan untuk rudal balistik DF-16, hanya memiliki jarak tempuh yang pendek hingga menengah. Rudal ini dirancang untuk mencapai sasaran di Jepang, termasuk pangkalan militer AS yang berada di Okinawa. Komandan Brigade Unit Roket PLA Tiongkok, Liu Yang mengonfirmasi bahwa rudal tersebut disiapkan hanya untuk berjaga-jaga.

"Kami berada dalam kondisi berjaga-jaga untuk pertempuran, untuk memastikan tindakan kami cepat dan tepat," ujar Liu.

Sebelumnya pada Januari 2020 lalu, Unit Roket PLA juga sudah melangsungkan uji coba rudal nuklir bawah tanah.

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X