Hari Air Sedunia 22 Maret: 783 Juta Orang di Dunia Masih Belum Memiliki Akses Air Bersih

- 20 Maret 2023, 14:41 WIB
Sejarah dan tujuan penting penetapan Hari Air Sedunia 22 Maret
Sejarah dan tujuan penting penetapan Hari Air Sedunia 22 Maret /PublicCo/Pixabay

ZONABANTEN.com – Hari Air Sedunia 22 Maret: 783 juta orang di dunia masih belum memiliki akses air bersih. Hari Air Sedunia adalah acara tahunan yang melihat isu-isu global seputar akses ke air bersih, air minum yang aman, dan sanitasi. Hari Air Sedunia tahun ini berfokus pada hubungan antara air dan perubahan iklim, dan bagaimana keduanya terkait.

PBB telah mengatakan: "Beradaptasi dengan efek air dari perubahan iklim akan melindungi kesehatan dan menyelamatkan nyawa."

Air adalah komoditas yang sangat berharga sehingga banyak orang menganggap remeh. Hari Air Sedunia adalah kesempatan untuk memikirkan orang-orang dan tempat-tempat di mana kebutuhan air masih menjadi prioritas utama, dan berusaha bekerja sama untuk menemukan solusi.

Ini adalah fakta yang sangat menyedihkan namun nyata, bahwa di seluruh dunia terdapat 783 juta orang yang masih belum memiliki akses ke air bersih.

Baca Juga: Perayaan Hari Air Sedunia: Fakta Menyedihkan, 783 Juta Orang Belum Punya Akses Air Bersih

Sementara itu, lebih dari 2,5 juta orang dari seluruh dunia masih kekurangan akses terhadap fasilitas sanitasi yang memadai.

Mengenai kurangnya pilihan yang dapat diakses untuk memenuhi dua kebutuhan dasar manusia ini adalah sebuah tragedi yang ingin dikurangi dan dikelola oleh orang-orang dari seluruh dunia, membawa air bersih dan fasilitas sanitasi yang lebih baik kepada komunitas yang kurang mampu di seluruh dunia.

Hari Air Sedunia pertama diusulkan dalam Agenda 22 Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan tahun 1992 yang diadakan di Rio de Janeiro.

Halaman:

Editor: Dinda Indah Puspa Rini

Sumber: Days of The Year


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah