20 Maret Ada Hari Mendongeng Sedunia, Sejarahnya Berawal dari Swedia dan Menyebar ke Seluruh Dunia

- 17 Maret 2023, 15:58 WIB
Sejarah peringatan Hari Mendongeng Sedunia 20 Maret
Sejarah peringatan Hari Mendongeng Sedunia 20 Maret /2081671/Pixabay

ZONABANTEN.com – 20 Maret ada Hari Mendongeng Sedunia, sejarahnya berawal dari Swedia dan menyebar ke seluruh dunia. Dahulu kala, pada tahun 1991 di Swedia, diadakan Hari Mendongeng. Etos di balik acara ini menyebar ke seluruh dunia, dan sekarang kami merayakan Hari Mendongeng Sedunia di tingkat internasional.

Mendongeng telah ada hampir selama umat manusia itu sendiri. Nyatanya, kita tidak dapat benar-benar memahami dunia di sekitar kita tanpa narasi, tidak dapat berfungsi tanpa kekuatan penceritaan untuk membantu kita menyatukan semuanya.

Sepanjang sejarah, pendongeng telah dipuja dan dirayakan dalam budaya di seluruh dunia, sering dianggap sebagai pemimpin, guru, penghibur, dan banyak lagi.

Pada Abad Pertengahan, misalnya, pendongeng pengembara yang dikenal sebagai penyanyi menyenangkan bangsawan dan petani dengan kisah-kisah menawan mereka, yang sering mereka ambil dari berbagai tempat dan negara yang mereka lalui.

Baca Juga: 26 Februari Ada Hari Dongeng Nasional, Menjelajahi Mitos dan Cerita Lama dalam Sebuah Kalimat 

Salah satu dari banyak hal khusus tentang mendongeng adalah bahwa setiap pendongeng dapat membuat cerita mereka sendiri, namun ada baiknya juga memiliki cara untuk mengingatnya.

Orang-orang Aborigin di Australia, misalnya, menggunakan gambar gua untuk membantu mengingat dongeng, dan pendongeng sering menggunakan lagu, nyanyian, dan tarian untuk membantu ingatan.

Teknik mendongeng yang umum juga dihasilkan dari kebutuhan untuk mengingat serta mengimprovisasi cerita, mengatur frasa seperti 'once upon a time' dan 'happily ever after', struktur plot tipikal, karakter pola dasar, pengulangan, rima, dan banyak lagi pencerita bantuan dalam menguasai bentuk seni ini.

Halaman:

Editor: Dinda Indah Puspa Rini

Sumber: Days of The Year


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah