7 Desember Hari Lahir Marie Tussaud, Simak Biografi Singkat Pendiri Museum Patung Lilin Terkenal di Dunia Ini

- 7 Desember 2022, 13:11 WIB
Biografi singkat Marie Tussaud, pendiri museum patung lilin terkenal, Madame Tussauds
Biografi singkat Marie Tussaud, pendiri museum patung lilin terkenal, Madame Tussauds /Madame Tussauds

ZONABANTEN.com7 Desember hari lahir Marie Tussaud, simak biografi singkat pendiri museum patung lilin terkenal di dunia ini.

Marie Tussaud, dengan nama asli Marie Grosholtz, lahir 7 Desember 1761, Strasbourg, Prancis, adalah pendiri museum patung lilin Madame Tussaud di pusat kota London.

Kehidupan awalnya dihabiskan di Bern, lalu pindah ke Paris, di mana ia belajar seni pemodelan lilin dari Philippe Curtius. Dua museum lilin terkenalnya ia warisi setelah kematiannya pada 1794.

Baca Juga: Biografi Singkat Marie Tussaud, Pendiri Museum Patung Lilin Terkenal di Dunia 

Dari 1780 hingga pecahnya Revolusi Prancis pada 1789, Marie Tussaud menjabat sebagai tutor seni di Versailles untuk saudara perempuan Louis XVI, Madame Élisabeth, kemudian dipenjarakan sebagai seorang royalis.

Menurut memoarnya, selama Pemerintahan Teror, Marie Tussaud memiliki tanggung jawab yang mengerikan untuk membuat topeng kematian dari kepala yang baru saja dipotong dengan guillotine.

Pernikahannya pada tahun 1795 dengan François Tussaud, seorang insinyur dari Mâcon, tidak berjalan mulus. Pada 1802, ia membawa kedua putranya dan koleksi model lilinnya ke Inggris.

Marie berkeliling Kepulauan Inggris selama 33 tahun, sebelum akhirnya mendirikan rumah permanen di Baker Street, London, tempat ia bekerja selama 8 tahun sebelum kematiannya.

Baca Juga: Pencuri Profesional Museum Gasak Koin Emas Kuno Celtic Triliunan Rupiah Seperti di Film 

Halaman:

Editor: Dinda Indah Puspa Rini

Sumber: Britannica


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x