Terbaru, Hujan Meteor June Bootids akan Terjadi Akhir Pekan Ini

- 25 Juni 2020, 10:05 WIB
ilustrasi meteor jatuh //PIXABAY

ZONABANTEN.com – Usai menyaksikan peristiwa gerhana matahari cincin yang berlangsung beberapa waktu yang lalu, pertengahan tahun ini, tata surya kita kembali akan disuguhkan fenomena lainnya, yaitu hujan meteor June Bootids.

Kapan tanggal dan jam yang ideal untuk menyaksikan hujan meteor ini? Berikut tim ZONABANTEN.com menyajikannya untuk anda.

Hujan meteor June Bootids atau biasa disingkat JBO, biasanya merupakan pancuran yang sangat lemah yang terkadang menghasilkan ledakan. 

Baca Juga: Kecelakaan Tragis Renggut Nyawa Anastasia, Keluarga Salahkan Kekasihnya

Namun, ini tetap saja peristiwa yang menarik untuk untuk disaksikan. Hujan meteor ini paling baik dilihat pada tanggal 25-29 Juni dengan aktivitas maksimum terjadi pada tanggal 27 Juni 2020.

Maksimum radiasi terletak di 14:48 (223) +48. Posisi ini terletak di Boot barat laut, 15 derajat timur dari bintang besarnya 2 yang dikenal sebagai Alkaid (Eta Ursae Majoris). Radiasi ini paling baik ditempatkan di langit malam saat langit menjadi gelap. 

Pengamat yang berada di belahan bumi utara punya keuntungan berbeda dibandingkan yang berada di selatan khatulistiwa, karena pancaran hujan meteor jauh lebih tinggi di langit malam.

Baca Juga: Ingat, Gerhana Matahari Total tidak akan Selamanya Terjadi

Sebetulnya, tidak masalah dimanapun lokasi anda. Soalnya hanya sedikit aktivitas yang diharapkan dari fenomena ini. Dengan kecepatan mulai 14 km / detik, meteor Bootid Juni rata-rata akan memiliki kecepatan sangat lambat. 

Pusat radiasi Anthelion (ANT) besar saat ini terletak di 18:48 (282) -23. Posisi ini terletak di utara Sagitarius, 4 derajat utara dari bintang besarnya ke-2 yang dikenal sebagai Nunki (sigma Sagittarii). Karena ukuran radiasi yang besar ini, aktivitas Anthelion juga dapat muncul dari Skutum selatan dan juga Sagitarius.

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan

Sumber: IMO


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X