Pesawat Tiongkok Tianwen-1 Akan Berlomba Dengan AS Dalam Misi Eksplorasi Planet Mars

- 3 Juni 2020, 12:55 WIB
ilustrasi penjelajahan luar angkasa WikiImages/PIXABAY

ZONABANTEN.com  - Perlombaan penjelajahan luar angkasa semakin seru. Tiongkok dan Amerika Serikat berlomba membuat misi menjelajahi planet lain selain bumi.

Dalam periode bulan Juli hingga Agustus 2020, Tiongkok dan Amerika Serikat sama-sama akan meluncurkan misi ke planet Mars.

Bagi Tiongkok ini adalah misi pertamanya.

SCMP memberitakan, TIANWEN, pesawat luar angkasa Tiongkok akan diterbangkan dengan roket Long March 5 di bulan Juli atau Agustus. TIANWEN diperkirakan akan tiba di Mars pada bulan Februari 2021.

Baca Juga: Girl Group Kpop TWICE Come Back, Melejit Melalui Lagu More & More

Bao Weimin, kepala Science Technology Committee of the China Aerospace Science and Technology Corporation (program luar angkasa) mengatakan, Robot penjelajah juga akan diturunkan untuk bergerak di permukan Mars. 

Pemberian nama pesawat luar angkasa Tianwen-1 berasal dari pusi Tiongkok Kuno yaitu 'Pertanyaan Surgawi'.

Tianwen-1 akan terbang di sekitar Mars dan pendarat dilepaskan untuk menjelajah mencari air, es dan tanah serta di atmosfer.

Baca Juga: 47 Petuah, Pesan Moral Dan Kata Bijak Dari Tokoh Karakter Anime Jepang

Robot penjelajah Tiongkok akan dirancang untuk beropeasi selama 90 hari di Mars atau sekitar 3 bulan di Bumi, sementara robot Perseverance NASA akan berada di planet merah itu selama lebih dari 687 hari di Bumi.

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X