Dilanda Bencana Tsunami dan Gunung Berapi, Warga Tonga Akan Diberi Bantuan Hari Ini

- 20 Januari 2022, 12:07 WIB
Dilanda Bencana Tsunami dan Gunung Berapi, Warga Tonga Akan Diberi Bantuan Hari Ini/Ilustrasi dari Seb/Unsplash
Dilanda Bencana Tsunami dan Gunung Berapi, Warga Tonga Akan Diberi Bantuan Hari Ini/Ilustrasi dari Seb/Unsplash /

ZONABANTEN.com - Warga Tonga yang terkena dampak dari bencana tsunami, akan diberikan bantuan kemanusiaan pada hari ini.

Pesawat dari Selandia Baru dan Australia tiba di Tonga pada hari Kamis, 20 Januari 2022, dan membawa pasokan bantuan yang sangat dibantuan.

"Pesawat C17 Globemaster berangkat dari Pangkalan Bandara Amberley, sekitar pukul 7 pagi hari ini," ujar seorang pejabat pertahanan Australia.

Nanaia Mahuta, yang merupakan menteri luar negeri Selandia Baru mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa angkatan udaranya juga telah mengirim C-130 Hercules dari Auckland.

Baca Juga: Gawat! Tonga Krisis Air Bersih, Sumber Tercemar Abu Vulkanik Dan Air Asin

Pesawat itu dipenuhi dengan persediaan yang sangat dibutuhkan. Pesawat C-130 Hercules akan mendarat di ibu kota Tonga, Nuku'alofa, sekitar pukul 4 sore waktu Selandia Baru.

"Pesawat itu membawa bantuan kemanusiaan dan pasokan bantuan bencana, termasuk wadah air, kit untuk tempat penampungan sementara, generator, peralatan kebersihan dan peralatan keluarga, juga peralatan komunikasi," ujar Nanaia.

Sementara itu, beberapa warga Tonga telah bergegas membersihkan abu vulkanik yang sangat tebal dari landasan pacu Bandara Internasional Fua'amotu.

Mereka sangat bekerja keras untuk membersihkan bandara utama Tonga dari abu vulkanik yang begitu tebal.

Halaman:

Editor: Rizki Ramadhan

Sumber: Wio News


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x