Usai Diterjang Gempa Tsunami Gunung Tonga Dikabarkan Satu Pulau Hilang, Bahkan Negara Lain Terdampak

- 17 Januari 2022, 06:40 WIB
Waspada! Gunung Tonga Instagram @redgeochile
Waspada! Gunung Tonga Instagram @redgeochile /

ZONABANTEN.com- Terjadinya gempa vulkanik yang mengakibatkan gelombang tsunami pada Sabtu 15 Januari 2021, Tonga menjadi sorotan dunia.

Tonga terletak di Samudra Pasifik bagian selatan, dan merupakan negara kepulauan berbentuk kerajaan Persemakmuran Britania Raya, dengan kekayaan 177 pulau dan luas 750 kilometer persegi.

Gempa vulkanik yang menyebabkan terjadinya gelombang besar, diakibatkan oleh gunung berapi bawah laut Hunga-Tonga-Hunga-Ha’apai, yang berjarak 65 kilometer dari Ibukota Kerajaan Tonga.

Sedangkan jarak gunung berapi bawah laut Hunga-Tonga-Hunga-Ha’apai dan Samudra Pasifik hanya 30 kilometer saja.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 17 Januari 2022: Jessica Akhirnya Bertemu Mama Rosa dan Menceritakan Semuanya

Melalui media sosial Twitter dan TikTok tersebar video amatir detik-detik terjadinya tsunami, yang memperlihatkan gelombang menghantam kediaman warga yang berada di sekitar pantai.

Tinggi gelombang yang dilaporkan adalah 1,2 meter, yang menyapu pesisir pantai Tonga hingga area pusat Ibukota Naku’alofa.

Bagian utara Naku’alofa menjadi wilayah yang paling parah terdampak dalam gempa vulkanik yang mengakibatkan gelombang tsunami.

Dilaporkan bahwa, Atta Island yang merupakan salah satu pulau di Tonga telah tenggelam akibat bencana besar gempa dan tsunami.

Baca Juga: Bappenas dan Pansus RUU IKN DPR Kunjungi Kota Mandiri Tangsel

Halaman:

Editor: Yuliansyah

Sumber: ArahKata


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x