Obat COVID-19 Merck Direkomendasikan WHO Awal Februari 2022

- 15 Januari 2022, 01:35 WIB
Pil antivirus COVID-19 eksperimental, molnupiravir, yang sedang dikembangkan oleh Merck & Co Inc dan Ridgeback Biotherapeutics LP
Pil antivirus COVID-19 eksperimental, molnupiravir, yang sedang dikembangkan oleh Merck & Co Inc dan Ridgeback Biotherapeutics LP /Merck & Co Inc dan Ridgeback Biotherapeutics LP /HO REUTERS

ZONABANTEN.com –  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) saat ini sedang meninjau obat (pil) antivirus COVID-19 molnupiravir buatan Merck untuk direkomendasi penggunaannya pada awal Februari 2022 mendatang.

Kepala manajemen klinis WHO, Janet Diaz menjelaskan, Grup Pengembangan Pedoman WHO sedang menyiapkan dan melakukan evaluasi pil buatan Pfizer sebagai obat COVID-19.

"Kami akan melihat data (pil Pfizer) pada Februari dan untuk pengumumannya kemungkinan pada akhir bulan itu, "ujarnya melansir dari Reuters.

Baca Juga: Denny Siregar Kena Pasal Penghinaan Unggah Foto Santri Tahfidz Al-Qur'an Tasikmalaya

Pada Kamis 13 Januari 2022 kemarin, panel WHO telah memberikan saran pemakaian obat buatan Eli Lilly dan GlaxoSmithKline/Vir Biotechnology untuk mengobati pasien COVID-19.

Panel berpendapat, opsi pengobatan ditengah sebaran varian Omicron memicu berbagai obat-obatan tidak manjur.

Ketika menjelaskan pengobatan antibodi monoklonal, Diaz menuturkan bahwa beberapa monoklonal menampakan gangguan netralisasi pada varian Omicron yang sangat menular dan mungkin kurang ampuh untuk melawannya.

Baca Juga: Alami Gempa di Gedung Bertingkat? 7 Tindakan Penting yang Perlu Dilakukan Untuk Menyelamatkan Diri

Namun, ia berpandangan bahwa pengibatan itu bukan merupakan perubahan besar jarena pada waktu ini ada beraneka cara pengobatan COVID-19.

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan

Sumber: Reuters ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X