Adik Kim Jong Un Ungkap Syarat Melangsungkan Pertemuan Antara Korea Utara dan Selatan, Bisakah Terlaksana?

- 26 September 2021, 18:38 WIB
Adik Kim Jong Un Ungkap Syarat untuk Melangsungkan Pertemuan Antara Korea Utara dan Korea Selatan
Adik Kim Jong Un Ungkap Syarat untuk Melangsungkan Pertemuan Antara Korea Utara dan Korea Selatan /Jorge Silva/Reuters

ZONABANTEN.com - Adik dari pemimpin paling berpengaruh di Korea Utara, Kim Jong Un, mengatakan bahwa pertemuan puncak antar-Korea bisa saja dilangsungkan dengan syarat tertentu.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kim Yo Jung, yang merupakan penasihat utama sekaligus saudari perempuan Kim Jong Un.

"KTT antar-Korea yang menghadirkan Kim Jong Un dan Moon Jae In dapat diadakan hanya jika ada jaminan ketidakberpihakan dan sikap saling menghormati," ungkap Kim Yo Jong dalam siaran kantor berita resmi Pyongyang, KCNA.

“Tidak perlu bagi (Korea) Utara dan Selatan untuk membuang waktu saling dengan menyalahkan dan terlibat dalam perang kata-kata,” tambahnya.

Baca Juga: Jerman Mengadakan Pemilu Kanselir untuk Memutuskan Pengganti Merkel Setelah 16 Tahun Menjabat

Dalam sambutannya hari Sabtu, 25 September 2021, Kim mengatakan jika ia selalu memperhatikan diskusi intens di Korea Selatan mengenai prospek baru dari deklarasi formal.

“Saya merasa bahwa keinginan publik Korea Selatan yang ingin memulihkan hubungan antar-Korea dari kebuntuan dan mencapai stabilitas damai sesegera mungkin sangatlah kuat,” kata Kim Yo Jong.

Adik Kim Jong Un tersebut juga menyatakan bahwa pihaknya memiliki keinginan yang sama dengan publik Korea Selatan tersebut.

“Kami juga memiliki keinginan yang sama,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Rizki Ramadhan

Sumber: The Guardian


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X