8 Takjil Buka Puasa di Berbagai belahan Dunia Ini Wajib Kamu Ketahui

- 23 Maret 2023, 22:35 WIB
Ilustrasi menu takjil
Ilustrasi menu takjil /pexels.com/

ZONABANTEN.com – Berbuka puasa merupakan momen yang paling dinantikan saat bulan Ramadhan tiba. Bisanya berbuka puasa dijadikan sebagai momen untuk berkumpul bersama orang terdekat. Momen berbuka puasa ini terasa menyenangkan karena dilakukan bersama-sama, sehingga suasana terasa lebih menyenangkan.

Banyak hidangan yang dihidangkan saat berbuka puasa mulai dari makanan ringan hingga berat. Salah satu hidangan yang wajib ada saat berbuka puasa adalah takjil. Takjil sendiri berarti menyegerakan berbuka. Maka dari itu, biasanya makanan takjil yang dihidangkan berupa makanan ringan untuk membatalkan puasa.

Meskipun kurma merupakan takjil yang sudah sangan umum ditemukan, setiap negara memiliki makanan takjil masing-masing. Makanan takjil ini berbeda pada setiap daerah karena disesuaikan dengan budaya dan kebiasaan masyarakat.
 
 
1. Kolak pisang, Indonesia
Kolak pisang merupakan salah satu menu takjil yang paling banyak dijumpai di Indonesia terutama Jawa. Makanan terbuat dari pisang, santan, kayu manis, gula merah, dan berbagai menu tambahan lain sebagai modifikasinya.
 
2. Basbousa, Mesir
Basbousa adalah sejenis kue manis yang biasanya dijadikan takjil oleh masyarakat Mesir. Makanan ini terbuat dari tepung gandum dan dicelupkan kedalam sirup manis. Makanan ini dapat disajikan dengan tambahan whippin cream atau kacang.
 
3. Hummus, Libanon
Hummus merupakan hidangan takjil yang menjadi favorit masyarakat libanon. Makanan ini seperti bubur yang terbuat dari kacang arab giling yang dicampur dengan wijen dan tahini. Makanan ini biasanya disajikan dengan minyak zaitun, lemon atau roti.
 
4. Qatayef, Mesir
Qatayef adalah menu takjil yang biasa ditemukan saat Ramadhan di Kairo. Makanan ini berupa pancake dengan isian kacang kenari dan kayu manis. Qatayef biasanya disajikan dengan sirup atau madu.
 
 

5. Falooda, Bangladesh
Falooda adalah minuman manis yang sangat disukai oleh masyarakat Bangladesh. Minuman ini terdisi dari selasih, sirup manis, jeli, boba, dan kacang-kacangan yang dicincang. Penyajian biasanya dilakukan dengan menggunakan gelas tinggi dengan es krim diatasnya.
 
6. Aseeda, Sudan
Masyarakat sudan biasanya membatalkan puasa dengan teh kaya rempah. Selain itu, mereka juga menghidangkan makanan khas yang disebut aseeda. Aseeda terbuat dari tepung gandum dan disajikan dengan butter dan madu.
 
7. Samosa, Pakistan
Samosa merupakan salah satu hidangan dari Pakistan yang sudah mendunia. Saat Ramadhan, makanan ini disajikan sebagai menu takjil. Makanan khas ini seperti pastel berbentu segitiga yang berisi daging, bawang Bombay cincang, kacang-kacangan, dan kentang pedas.
 
8. Harira, Maroko
Selain mengkonsumsi kurma, jus, dan susu sebagai takjil masyarakat Maroko memiliki menu takjil khas yang disebut Harira. Menu takjil bergizi ini merupakan sup kaya rempah yang berisi daging domba cincang, tomat dan kacang-kacangan.
 

Itulah makanan takjil yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Makanan ini merupakan makanan tradisional yang biasanya wajib ada saat bulan Ramadhan.***

Editor: Bayu Kurniya Sandi

Sumber: Egyptianstreets.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub