Begini Cara Merawat Anak Kucing, Pada Usia Enam Hingga 12 Minggu

- 30 Juni 2020, 19:24 WIB
ilustrasi kucing //PIXABAY

ZONABANTEN.com – Merawat kucing sejak ia masih kecil, sungguh pengalaman yang tidak akan terlupakan. Terlebih, bila anak kucing itu punya bulu-bulu halus dan mata yang menggemaskan. Tapi, tahukah anda, ternyata dalam siklus hidupnya, kucing juga mengalami perkembangan fisik dan kejiwaan layaknya manusia.

Nah, bila anda memutuskan untuk memelihara kucing sejak mereka masih “balita”, tips berikut ini mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda.

Layaknya manusia, anak kucing juga mengalami banyak perubahan segera setelah mereka dilahirkan. Beberapa minggu pertama kehidupan mereka penuh dengan pemandangan dan suara baru, dan pada saat mereka mencapai usia enam minggu, mereka hampir siap untuk meninggalkan ibu mereka.

Baca Juga: Kasus Tertinggi Covid-19 Hari Ini di Jawa Timur, 7 Provinsi Nol Kasus

Namun, itu tidak berarti pertumbuhan, perubahan, dan pembelajaran terhenti. Antara usia enam dan 12 minggu, masih ada beberapa peristiwa besar yang harus dilewati anak kucing.

Perkembangan Fisik

Pada usia enam minggu, gigi bayi kucing akan mulai tumbuh. Selama beberapa minggu ke depan, semua gigi bayi harus menembus gusi dan induk kucing mungkin enggan merawat karena hal ini. Pada usia 12 minggu, gigi bayi ini akan mulai rontok.

Mata dan telinga anak kucing telah terbuka beberapa minggu sebelumnnya, tetapi pada usia enam minggu, matanya akan tetap berwarna biru. Pendengaran dan penglihatan berkembang sepenuhnya, dan selama beberapa minggu ke depan, warna mata akan perlahan berubah menjadi warna mata dewasa akhir.

Baca Juga: Geger, Oknum Petugas Kesehatan 'Todong' Warga Untuk Beli Bubuk Abate

Seperti dikutip dari thesprucepets.com, sampai sekitar usia enam minggu, anak kucing akan membutuhkan panas tambahan untuk tetap hangat. Setelah berumur sekitar satu setengah bulan, ia tidak lagi membutuhkan bantalan pemanas, lampu panas, atau sumber panas lain yang diandalkannya. Selama anak kucing berada dalam lingkungan suhu ruangan, ia akan baik-baik saja karena ia dapat mengatur sendiri suhu tubuhnya.

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan

Sumber: thesprucepets.com


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X