4 Aplikasi Ini Wajib Diunduh Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia

- 7 Desember 2021, 12:09 WIB
4 Aplikasi Ini Wajib Diunduh Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
4 Aplikasi Ini Wajib Diunduh Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia / kemdikbud.go.id
ZONABANTEN.com – Hidup Mahasiswa! Jargon kebanggaan para mahasiswa ini bikin rindu masa-masa jadi mahasiswa.
 
Untuk kamu yang sekarang masih menjadi mahasiswa, dan memilih jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, atau berkeinginan masuk ke jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4 aplikasi ini wajib kamu unduh di gawaimu.

Aplikasi ini akan sangat berguna untuk membantu kamu menyelesaikan tugas-tugas selama perkuliahan.
 
 
1. KBBI
KBBI atau kamus Besar Bahasa Indonesia adalah aplikasi wajib pertama yang harus kamu unduh. Aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 1 juta lebih di playstore. Aplikasi KBBI sangat berguna membantu kamu menemukan kosakata Bahasa Indonesia yang baku. Sebagai mahasiswa jurusan Bahasa, kamu tentu punya tanggung jawab lebih untuk menulis sesuai dengan kaidah yang benar bukan?

2. PUEBI
PUEBI adalah singkatan dari Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Sebelumnya PUEBI ini disebut EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan. Aplikasi ini tidak kalah penting dengan KBBI, pada aplikasi ini kamu bisa mempelajari kaidah-kaidah penulisan dalam Bahsa Indonesia yang benar. Seperti ketentuan penulisan huruf kapital, penggunaan tanda baca, penulisan kata serapan asing, dan banyak hal lainnya.
 

3. Tesaurus
Tesaurus adalah apliakasi yang berisikan tentang daftar padanan dan persaman kata. Aplikasi ini akan sangat berguna jika kamu mendapatkan tugas menulis puisi di kampus, kamu bisa memilih diksi yang jarang digunakan orang lain untuk menambah nilai estetik dari puisimu.

4. Sipebi
Aplikasi terakhir yang wajib kamu miliki adalah Sipebi. Aplikasi ini baru saja diluncurkan Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa pada puncak perayaan Bulan Bahasa dan Sastra 2021, Oktober lalu. Aplikasi ini berguna untuk menyunting teks bahasa Indonesia agar sesuai dengan kaidah tata bahasa.
 
Itulah 4 aplikasi yang wajib dimiliki mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Yok unduh di gawaimu sekarang***

Editor: Rizki Ramadhan

Sumber: Kemdikbud


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network