Festival Peh Cun Kembali Digelar di Kota Tangerang, Perahu Naga Berusia Ratusan Tahun Dimandikan

- 9 Juni 2024, 12:23 WIB
Festival Peh Cun kembali digelar di Kota Tangerang, ada ritual memandikan perahu naga berusia ratusan tahun.
Festival Peh Cun kembali digelar di Kota Tangerang, ada ritual memandikan perahu naga berusia ratusan tahun. /Pemkot Tangerang

ZONABANTEN.com – Festival Peh Cun yang merupakan budaya peranakan Tionghoa (Cina Benteng) kembali digelar di Kota Tangerang. Festival ini diisi dengan beragam acara, salah satunya ritual memandikan perahu naga berusia ratusan tahun.

Menurut Rubi Santamoko, Ketua Badan Pengurus Perkumpulan Boen Tek Bio, Festival Peh Cun pertama kali digelar pada 1910 silam sehingga eksistensinya telah bertahan selama 114 tahun. Ritual memandikan perahu tersebut merupakan rangkaian terpenting dari festival ini.

“Karena mengandung filosofi bagi masyarakat sekitar, khususnya sebagai pemberkatan keamanan dan ibadah Buddha Mahayana,” katanya, dilansir dari situs resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang pada Minggu, 9 Juni 2024.

Rubi mengungkapkan, perahu naga berusia ratusan tahun itu merupakan pemberian Kapitan Oey Khe Tay untuk Kelenteng Boen Tek Bio. Perahu ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke kelenteng tersebut.

Baca Juga: Sedapnya Nasi Lengko Dapur Ibu Ratu di Kota Tangerang, Makanan yang Eksis sejak Zaman Majapahit

“Ritual memandikan perahu juga dibuka secara umum, jadi masyarakat sampai wisatawan dapat menyaksikan langsung tradisi terpenting dalam rangkaian Festival Perahu Naga Peh Cun di Kota Tangerang,” tuturnya.

Selain ritual tersebut, Festival Peh Cun diisi dengan penampilan Gambang Keromong, ritual mendirikan telur ayam, lomba menangkap bebek, dan lomba perahu naga di Sungai Cisadane Kota Tangerang yang selalu menarik perhatian banyak orang.

Festival Peh Cun tahun ini dibuka dengan aksi donor darah. Menurut Rubi, pihaknya bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang. Tercatat ada 150 orang pendonor yang berpartisipasi dalam kegiatan kali ini.

“Sebelum diramaikan dengan berbagai kegiatan kesenian dan kebudayaan, Festival Peh Cun dibuka dengan aksi kemanusiaan berupa donor darah dari masyarakat sekitar,” ujarnya.

Baca Juga: Sedapnya Ayam Sambal Dadak Klenger di Kota Tangerang, Sekali Coba Pasti Pengen Lagi dan Lagi!

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah