Waduh, Ratusan Kendaraan Dinas Pemprov Banten Hilang Misterius, Nilainya Rp25 M Lebih

- 29 Mei 2024, 13:10 WIB
Ratusan kendaraan dinas di lingkungan Pemprov Banten dilaporkan hilang secara misterius
Ratusan kendaraan dinas di lingkungan Pemprov Banten dilaporkan hilang secara misterius /Facebook/KP3B

ZONABANTEN.com – Sebuah peristiwa yang mencengangkan terjadi di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. Ratusan kendaraan dinas milik instansi tersebut baru-baru ini dilaporkan hilang secara misterius.

Menurut laporan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), ada 211 kendaraan dinas milik Pemprov Banten yang hilang entah kemana. Ratusan kendaraan ini sebelumnya diperuntukkan bagi tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

OPD pertama adalah Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten, kemudian Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Banten, dan yang terakhir adalah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten.

Menurut laporan BPK RI, ada 6 unit kendaraan dinas Sekretariat DPRD Provinsi Banten yang hilang dan nilainya mencapai 395 juta rupiah. Kemudian Bapenda Provinsi Banten kehilangan 18 unit kendaraan dinas senilai 205 juta rupiah.

Baca Juga: 3 Daerah di Provinsi Banten Bakal Didatangi KPK RI, Kota Serang Salah Satunya

Lalu DPRD Provinsi Banten kehilangan 6 unit kendaraan dinas dan Setda Provinsi Banten kehilangan 187 unit kendaraan dinas senilai 24,5 miliar rupiah. Atas kejadian ini, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat didesak untuk segera melakukan penelusuran.

Menurut dugaan Anggota Komisi III DPRD Provinsi Banten, Muhsinin, ratusan kendaraan dinas tersebut mungkin digadaikan pejabat Pemprov Banten yang telah pensiun. Oleh karena itu, pihaknya juga akan segera menggelar rapat dalam waktu dekat.

Kepala BPKAD Provinsi Banten, Rina Dewiyanti, mengonfirmasi bahwa ada ratusan kendaraan dinas milik Pemprov Banten yang dinyatakan hilang. Menurutnya, beberapa kendaraan tersebut ada yang dipinjamkan ke instansi lain dan datanya belum diperbaharui.

Rina menambahkan, beberapa kendaraan ini juga berada dalam kondisi rusak berat. Pihaknya telah menindaklanjuti temuan BPK RI tersebut dengan melakukan inventarisasi, penelusuran, penarikan, hingga pelelangan kendaraan dinas yang tidak layak pakai lagi.

Baca Juga: Al Muktabar Minta Bantuan Pers untuk Tekan Angka Pengangguran di Provinsi Banten

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah