Ratusan Kendaraan Dinas di Banten Diduga Hilang Misterius, Kepala BPKAD Sebut Ada yang Dikuasai Pihak Ketiga

- 29 Mei 2024, 12:30 WIB
Ratusan Kendaraan Dinas di Banten Diduga Hilang Misterius
Ratusan Kendaraan Dinas di Banten Diduga Hilang Misterius /Kabar Banten/ Rizki/

ZONABANTEN.com – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan ratusan kendaraan dinas hilang secara misterius di lingkungan Provinsi Banten. Temuan itu berdasarkan pada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2023.

Dari laporan BPK tersebut, ditemukan sejumlah 211 kendaraan dinas di lingkungan Pemerintahan Provinsi Banten yang menghilang secara misterius dengan nilai sekitar Rp25,507 miliar.

Ratusan kendaraan dinas Banten yang mendadak hilang tersebut berada di Sekretariat DPRD Banten, Sekretariat Daerah Provinsi Banten, dan Bapenda Provinsi Banten.

Kendaraan dinas yang diduga menghilang tersebut diduga juga ada yang dikuasai oleh pihak ketiga.

Baca Juga: Polda Banten Rilis 1 Nama DPO Kasus Tindak Pidana Jaminan Fidusia dan Penggelapan, Ternyata Seorang IRT

Kepala BPKAD Benarkan Temuan Tersebut dan Sebut Ada yang Dikuasai Pihak Ketiga

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten, Rina Dewiyanti membenarkan bahwa ratusan kendaraan dinas yang hilang itu berada di tiga organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut.

Menurut Rina, BPKAD Banten sendiri telah melakukan identifikasi atas kondisi randis di tiga OPD itu.

Bahkan, menurut Rina, terdapat beberapa kendaraan yang juga masih berada dalam penguasaan pihak ketiga dan beberapa kendaraan dalam keadaan Rusak Berat (RB) masih tercatat dalam KIB.

“Beberapa kendaraan yang sudah ditetapkan dengan Surat Keputusan Gubernur tentang penghapusan dan duplikasi data belum diperbaharui pada catatan Kartu Inventaris Barang (KIB B) Peralatan dan Mesin,” kata Rina, Senin 27 Mei 2024.

Rina mengatakan, pihaknya sudah melakukan upaya guna menindaklanjuti temuan BPK itu mulai dari melakukan pembaharuan Berita Acara Pinjam Pakai dengan Instansi Vertikal, pemberharuan data KIB Peralatan dan Mesin.

Halaman:

Editor: Rahman Wahid


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah