Jelang Iduladha 2024, Pemprov Banten Antisipasi Kenaikan Harga 20 Komoditas Pangan Pemicu Inflasi

- 28 Mei 2024, 12:40 WIB
Pemprov Banten saat mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi yang digelar secara daring di Pendopo Gubernur Banten, Senin, 27 Mei 2024.
Pemprov Banten saat mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi yang digelar secara daring di Pendopo Gubernur Banten, Senin, 27 Mei 2024. /Pemprov Banten

ZONABANTEN.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan mengantisipasi kenaikan harga dua puluh komoditas pangan yang dapat memicu inflasi menjelang Iduladha 2024. Hal ini dilakukan agar daya beli masyarakat setempat tidak menurun.

Menurut Pelaksana Harian (Plh.) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten, Virgojanti, permintaan menjelang Iduladha biasanya tidak sebanyak Idulfitri. Meski begitu, pihaknya tetap akan melakukan antisipasi demi mencegah inflasi.

“Memang biasanya momen Iduladha ini permintaannya tidak setinggi pada momen Idulfitri, namun demikian itu tetap harus diantisipasi,” kata dia, dilansir dari situs resmi Pemprov Banten pada Selasa, 28 Mei 2024.

Virgojanti menuturkan, pihaknya akan menggencarkan operasi pasar murah dan berkoordinasi dengan distributor untuk menjamin ketersediaan bahan pangan di Provinsi Banten menjelang Iduladha 2024.

Baca Juga: Al Muktabar Dorong Warga Provinsi Banten Inovatif di Bidang Teknologi Pangan, Ini Alasannya

Selain itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) se-Provinsi Banten dan mengawasi kesehatan hewan kurban di daerah ini agar benar-benar layak dijual dan dikonsumsi, mengingat hewan kurban rawan terkena penyakit.

“Kita ingin pastikan kondisi kesehatan hewan kurbannya itu dalam kondisi prima dan hewan yang disiapkan untuk kurban sesuai dengan syariat agama,” tuturnya.

Pemprov Banten juga telah menyusun jadwal pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Petugas dari Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten akan mengunjungi sejumlah lapak hewan kurban yang tersebar di delapan kabupaten/kota se-Provinsi Banten.

Diawali di Kabupaten Lebak pada Rabu, 5 Juni 2024, kemudian dilanjutkan di Kota Tangerang pada Kamis, 6 Juni 2024, Kabupaten Serang pada Jumat, 7 Juni 2024, Kota Serang dan Kota Cilegon pada Senin, 10 Juni 2024.

Baca Juga: Al Muktabar Bilang Inflasi di Provinsi Banten Terkendali, Harga Beras Cenderung Turun

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah