Warga Suku Togutil Dikabarkan Kelaparan, Masuk Area Tambang di Halmahera demi Makanan

- 28 Mei 2024, 10:57 WIB
Tiga warga suku Togutil saat mendekati seorang pekerja di area pertambangan nikel Pulau Halmahera
Tiga warga suku Togutil saat mendekati seorang pekerja di area pertambangan nikel Pulau Halmahera /Instagram@/selaludisana

ZONABANTEN.com – Sebuah video yang menampilkan tiga warga suku Togutil baru-baru ini viral di media sosial dan menarik simpati warganet. Dalam video tersebut, mereka mendatangi pekerja di kawasan pertambangan nikel Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara.

Sambil tertatih, ketiga warga suku Togutil itu menghampiri seorang petambang dan tampak menyampaikan sesuatu. Kedatangan mereka disambut dengan baik, warga sekitar langsung membawa mereka untuk makan dan beristirahat.

Saat baru tiba, ketiga warga suku Togutil yang terdiri dari dua wanita dan satu laki-laki itu tampak cukup lemas. Mereka dikabarkan kelaparan sehingga mendatangi para pekerja di kawasan pertambangan nikel tersebut untuk meminta bantuan.

Mereka pun tampak menyerahkan beberapa alat mirip parang, seolah ingin menukarkannya dengan makanan, seperti sistem zaman dulu, sistem barter. Hati warganet pun semakin terenyuh melihat hal ini. Mereka seolah terpaksa melakukannya demi mengisi perut yang lapar.

Baca Juga: Siswi SMK di NTT Ciptakan Jemuran Pintar yang Bisa Dikendalikan Lewat Hp, Kain Anti Basah saat Hujan

Beruntung, mereka telah kembali ke permukimannya dengan kondisi yang lebih baik. Warga sekitar juga membekali mereka dengan makanan. Video yang menampilkan keadaan warga suku Togutil itu pun membuat banyak warganet prihatin.

Ada pula warganet yang terkejut melihat warga suku Togutil keluar dari wilayah permukimannya. Sebab, mereka selama ini hidup di pedalaman yang benar-benar terpencil. Jika mereka sampai berkelana seperti ini, berarti ada yang tidak beres.

Dikutip dari akun Instagram @selaludisana pada Selasa, 28 Mei 2024 yang juga membagikan video tersebut, berikut beberapa komentar warganet terkait kondisi warga suku Togutil.

Ya Allah kasihan, harus apa atuh ya, kita atau saya khususnya orang yang bodoh tak punya kuasa apa-apa, biar bisa sedikit membantu. Apa yang harus kita kurangi? Buat paling tidak bisa membantu saudara-saudara kita di pedalaman agar tidak kehilangan tempat tinggal dan mata pencahariannya.”

Baca Juga: Viral Guru di Jogja Tampil Nyentrik dengan Busana Karya Muridnya, Kimono pun Dipakai ke Sekolah

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah