Awas! Warga Kota Tangerang yang Buang Sampah Sembarangan Bisa Didenda Rp50 Juta

- 22 Mei 2024, 11:37 WIB
Sampah yang berserakan di salah satu sudut permukiman warga Kota Tangerang
Sampah yang berserakan di salah satu sudut permukiman warga Kota Tangerang /Pemkot Tangerang

ZONABANTEN.com – Masyarakat Kota Tangerang diimbau untuk tidak membuang atau membakar sampah di sembarang tempat. Imbauan ini disampaikan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang, Wawan Fauzi.

Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang telah membuat kebijakan terkait sanksi yang akan diberikan kepada masyarakat setempat jika tidak mematuhi peraturan tersebut. Sanksinya adalah denda sebesar 50 juta rupiah atau dipenjara selama 6 bulan.

Menurut Surat Edaran (SE) Wali Kota Tangerang yang dirilis pada 2023 lalu, masyarakat setempat dilarang membuang, membakar, menumpuk, atau menyimpan sampah di jalur hijau, taman, sungai, dan fasilitas umum milik Pemkot Tangerang.

“Bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi tegas, ancaman pidana berupa kurungan paling lama 6 bulan atau denda dengan nilai 50 juta rupiah bagi setiap individu,” katanya, dilansir dari situs resmi Pemkot Tangerang pada Rabu, 22 Mei 2024.

Baca Juga: Ingin Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah, Pemkot Tangerang Minta Dukungan Aktivis Lingkungan

Wawan menyampaikan, pihaknya akan melakukan patroli untuk memantau kepatuhan masyarakat Kota Tangerang. Dia menegaskan, peraturan tersebut masih berlaku dan tidak boleh diremehkan, karena sanksinya benar-benar nyata, bukan sekadar gertakan.

“Aturan ini terus diberlakukan dan tidak bisa dianggap remeh, harus sama-sama kita pahami dan kita patuhi atau tegakkan untuk menjaga kualitas udara di Kota Tangerang,” ujarnya.

Wawan mengajak masyarakat Kota Tangerang untuk segera melapor jika menemukan warga setempat yang membuang atau membakar sampah secara sembarangan. Pihaknya akan mengambil tindakan sesuai aturan yang berlaku di daerah ini.

“Pengaduan bisa dilakukan secara offline dengan datang langsung ke ruang Unit Layanan Masyarakat di Kantor Satpol PP Kota Tangerang. Laporan juga bisa dilakukan secara online melalui LAKSA, 112, atau pengaduan cepat melalui nomor WhatsApp di 0812-1200-4664,” ucapnya.

Baca Juga: Volume Sampah di Kota Tangerang Ribuan Ton per Hari, Nurdin: Konsep 3R Perlu Dimasifkan

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah