Al Muktabar Bilang Inflasi di Provinsi Banten Terkendali, Harga Beras Cenderung Turun

- 20 Mei 2024, 19:45 WIB
Pj. Gubernur Banten, Al Muktabar.
Pj. Gubernur Banten, Al Muktabar. /Pemprov Banten

ZONABANTEN.com - Menurut Penjabat (Pj.) Gubernur Banten, Al Muktabar, inflasi di Provinsi Banten terkendali. Harga sejumlah bahan pangan di daerah ini masih terjangkau bagi masyarakat setempat.

Hal itu disampaikan Al usai dirinya mengikuti rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi yang digelar secara daring di Pendopo Gubernur Banten, Kecamatan Curug, Kota Serang, Senin, 20 Mei 2024.

Al mengatakan, secara umum harga beras dan telur ayam di Provinsi Banten relatif normal bahkan cenderung menurun. Namun, ada beberapa komoditas pangan yang perlu diwaspadai karena berpotensi mengalami inflasi.

"Secara umum, berdasarkan laporan kementerian dan lembaga terkait, beras ada kecenderungan turun, termasuk juga di Provinsi Banten," katanya, dilansir dari situs resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten pada Senin, 20 Mei 2024.

Baca Juga: Al Muktabar Jadi Pj. Gubernur Banten Lagi, Tito Karnavian: Itu Pilihan Presiden Joko Widodo

"Beberapa komoditi yang masih perlu kita sikapi secara sumgguh-sungguh, seperti cabai dengan variannya, daging ayam ras, bawang merah, dan bawang putih," ujar Al menyebutkan komoditas pangan yang berpotensi membuat angka inflasi di Provinsi Banten melonjak.

Al menyampaikan, pihaknya akan memperkuat kolaborasi dengan pemerintah daerah (pemda) se-Provinsi Banten untuk menjaga ketersediaan sekaligus kestabilan harga bahan pangan di daerah ini. 

"Kabupaten Pandeglang yang termasuk tinggi, kita akan berkosentrasi untuk mengambil langkah-langkah teknis, begitu juga dengan Kota Serang dan Kota Cilegon," tuturnya menyebutkan daerah penghasil pangan di Provinsi Banten.

Menurut Al, pihaknya juga akan menggencarkan operasi pasar murah, memantau harga bahan pangan di pasar-pasar setempat, menanam tanaman pangan, dan menggelontorkan Biaya Tak Terduga (BTT) jika dibutuhkan.

Baca Juga: Al Muktabar Minta Bantuan Pers untuk Tekan Angka Pengangguran di Provinsi Banten

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah