Ratusan Bus di Kota Tangerang Dipastikan Layak Jalan, Kondisinya Sudah Diperiksa

- 16 Mei 2024, 13:04 WIB
Dishub Kota Tangerang memastikan ratusan bus di daerah ini layak jalan
Dishub Kota Tangerang memastikan ratusan bus di daerah ini layak jalan /Pemkot Tangerang

ZONABANTEN.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang rutin menguji kelayakan kendaraan bermotor untuk mencegah kecelakaan lalu lintas, termasuk bus. Sepanjang 2023, ada 790 unit bus di Kota Tangerang yang dinyatakan layak jalan.

Menurut Kepala Dishub Kota Tangerang, Achmad Suhaely, pihaknya menguji kelayakan kendaraan bermotor sebanyak dua kali dalam setahun. Dia pun memastikan sebagian besar bus di Kota Tangerang layak beroperasi.

“Kami selama ini rutin melakukan pengawasan, pengujian, bahkan penindakan untuk memastikan kendaraan khususnya bus yang beroperasi di Kota Tangerang dalam kondisi layak jalan,” katanya, dikutip dari situs resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang pada Kamis, 16 Mei 2024.

Achmad mengungkapkan, sepanjang tahun ini, 291 unit bus di Kota Tangerang telah diuji kelayakannya dan dinyatakan aman. Menurut dia, Pemkot Tangerang terus mendorong pelaku usaha bus setempat untuk memanfaatkan layanan tersebut secara berkala.

Baca Juga: Jangan Salah! Dinkes Kota Tangerang Bilang Fogging Bukan Solusi Tepat Pencegahan DBD

Pasalnya, kecelakaan yang melibatkan bus cukup sering terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Menurut Achmad, hal itu terjadi karena kurangnya pengawasan terhadap kendaraan yang dijalankan sehingga membawa malapetaka.

Salah satunya kecelakaan yang menewaskan sebelas orang di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, baru-baru ini. Peristiwa tersebut sempat menggemparkan masyarakat Indonesia karena korban jiwanya cukup banyak dan didominasi pelajar.

Setelah ditelusuri, bus yang membawa puluhan pelajar itu diduga bermasalah pada bagian remnya. Pihak kepolisian masih mendalami kasus ini dengan memeriksa sejumlah saksi peristiwa memilukan tersebut, sementara sang supir terancam dipenjara.

Achmad menyampaikan, hal inilah yang tak diinginkan Pemkot Tangerang. Oleh karena itu, pihaknya rutin menguji kelayakan kendaraan bermotor dengan memperhatikan tiga indikator. Kendaraan yang lolos akan mendapatkan tanda khusus.

Baca Juga: Begini Tips Mencegah Diabetes Menurut Dinkes Kota Tangerang, Salah Satunya Mengurangi Karbohidrat

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah