Ikut Lomba Masak Nasional, TP PKK Banten Sajikan Nasi Porang ke Hadapan Chef Arnold

- 15 Mei 2024, 12:42 WIB
Kontingen TP PKK Provinsi Banten menyajikan menu dari umbi porang dalam lomba memasak yang digelar di Kota Solo, Selasa, 14 Mei 2024.
Kontingen TP PKK Provinsi Banten menyajikan menu dari umbi porang dalam lomba memasak yang digelar di Kota Solo, Selasa, 14 Mei 2024. /Pemprov Banten

ZONABANTEN.com – Kontingen Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten yang diwakili Kota Tangerang mengikuti lomba memasak tingkat nasional di Taman Balakembang, Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, Selasa, 14 Mei 2024.

TP PKK Provinsi Banten menyajikan menu yang cukup kreatif, yaitu umbi porang dan singkong diolah menjadi nasi, dipadukan dengan rolade ikan lele, sayur daun kelor, sup ikan gurame, serta minuman berbahan dasar kembang telang, serai, dan lemon.

Menurut Wulan Trianingsih, salah satu anggota TP PKK Provinsi Banten, aneka menu yang disajikannya dalam lomba memasak kali ini memiliki gizi yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan anak-anak dan dapat mencegah stunting.

“Bisa, karena ikan lele memiliki gizi yang bagus untuk anak-anak, serta ada juga daun kelornya. Ini banyak manfaatnya buat anak,” kata Wulan, dikutip dari situs resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten pada Rabu, 15 Mei 2024.

Baca Juga: Kreatif, TP PKK Provinsi Banten Buat Nugget Patin dan Abon Lele untuk Atasi Stunting

Menurutnya, singkong dan porang merupakan bahan pangan yang melimpah di Provinsi Banten. Ikan lele pun mudah dibudidayakan sehingga pihaknya memilih menu berbahan dasar singkong, porang, dan ikan lele untuk disajikan ke hadapan Chef Arnold Purnomo.

“Semua pangan lokal yang kita gunakan, karena daerah kami ini juga banyak yang mengelola beras singkong dan porang, serta ikan lele pun mudah untuk ditemukan bahkan hampir di setiap wilayah ada,” ujarnya.

Wulan menambahkan, dia sengaja mengolah lele menjadi rolade agar tampak lebih menarik di mata anak-anak. Dia mencampurkan rolade ini dengan sayuran agar gizinya lebih banyak dan bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan anak-anak.

“Anak kan kalau makanan hanya begitu saja tanpa kreasi agak susah, maka seperti sayuran juga harus dikreasi dan kombinasi, Bisa dibuat rolade yang mencampurkan ikan lele dengan sayuran, itu bagus untuk anak,” tuturnya.

Baca Juga: TP PKK Banten Gandeng UI, Berikan Edukasi untuk Cegah Stunting di Pandeglang

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah