Al Muktabar Minta Bantuan Pers untuk Tekan Angka Pengangguran di Provinsi Banten

- 15 Mei 2024, 10:56 WIB
Al Muktabar saat menghadiri acara pelantikan pengurus PWI Provinsi Banten periode 2024-2029, Selasa, 14 Mei 2024.
Al Muktabar saat menghadiri acara pelantikan pengurus PWI Provinsi Banten periode 2024-2029, Selasa, 14 Mei 2024. /Pemprov Banten

ZONABANTEN.com – Pelaksana Harian (Plh.) Gubernur Banten, Al Muktabar, mengajak pers setempat untuk berkontribusi menekan angka pengangguran di Provinsi Banten dengan cara memberitakan hal-hal yang positif tentang peluang di bidang pertanian dan sejenisnya.

Hal itu disampaikan Al saat dirinya menghadiri acara pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten periode 2024-2029 di Aula Taman Wisata Mahoni Bangun Sentosa (MBS), Kecamatan Curug, Kota Serang, Selasa, 14 Mei 2024.

Menurut Al, pers dapat memberitakan hal-hal yang positif tentang pertanian, perkebunan, dan perikanan sehingga generasi muda Provinsi Banten tergugah untuk bekerja di bidang tersebut, sehingga nantinya juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

“Insan pers yang memiliki kemampuan di bidang pertanian dan lain-lain dapat memberikan gagasan dan berjuang bersama Pemprov Banten agar generasi muda kita angkat dan konsen ke arah sana,” katanya, dikutip dari situs resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten pada Rabu, 15 Mei 2024.

Baca Juga: Jumlah Pengangguran di Provinsi Banten Masih Tertinggi se-Indonesia, Didominasi Lulusan SMK

Al melanjutkan, selama ini pertanian sering dianggap sepele. Banyak orang tua di Indonesia yang tidak ingin anaknya bekerja di bidang tersebut. Padahal, pertanian merupakan salah satu sektor terpenting di Indonesia karena dari sanalah pangan kita diproduksi.

Oleh karena itu, dia mengajak pers di Provinsi Banten untuk berkolaborasi dengan Pemprov Banten dan jajarannya untuk menumbuhkan minat generasi muda setempat terhadap pertanian dan bidang-bidang sejenisnya, seperti perkebunan dan perikanan.

“Para orang tua tidak ingin anaknya menjadi petani dan menjadi pegawai, tetapi peran pers bisa bersama-sama memberikan gagasan bahwa anaknya bisa menjadi pegawai di bidang pertanian,” ujarnya.

“Kita ada aparatur PPPK, kerja sama melalui BUMD, lahan-lahan terlantar bisa kita manfaatkan. Gagasan itu yang kita butuhkan sehingga dapat menekan angka pengangguran,” sambungnya.

Baca Juga: Angka Pengangguran di Provinsi Banten Menurun, Pekerja Lulusan S-1 Lebih Banyak Terserap

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah