Tanggul Penahan Sampah TPA Cipeucang Jebol, YAPELH:Ini Bencana Sampah

- 22 Mei 2020, 18:41 WIB
Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan sedang fokus menangani pembenahan sampah di TPA Cipeucang /ISTIMEWA

ZONABANTEN.com - Gunung sampah yang terdapat di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Cipeucang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) longsor, sehingga membuat tembok penahan sampah tersebut jebol. Tumpukan sampah itu hanyut dan mengotori sungai Cisadane.

“Sangat parah, seluruh permukaan Cisadane tertutup sampah,” ujar Aktivis Lingkungan Hidup dari Yayasan Peduli Lingkungan Hidup (YAPELH), Ade Yunus kepada wartawan, Jumat (22/5/2020).

Baca Juga: DLH Tangsel Tak Tahu Penyebab Longsornya TPA Cipeucang, KLHK: Kami Sedang Konfirmasi Walikota

Ade mengatakan gunung sampah setinggi 3 meter di TPA Cipeucang Tangerang Selatan telah menutupi seluruh permukaan badan sungai Cisadane. “Ini bencana sampah,” ujarnya.

Menurut Ade, longsornya TPA Cipeucang diketahui setelah sampah yang banyak hanyut di Cisadane Jumat pagi “Awalnya kami curiga sampah banyak sekali mengotori Cisadane, kami lakukan susur sungai dan mendapati sampah-sampah itu dari TPA Cipeucang yang longsor,” kata Ade.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Himbau Masyarakat Ibadah Salat Ied Di Rumah Masing-Masing

Kepala Seksi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel, Rastra Yudatama membenarkan longsornya TPA Cipeucang. “Lagi ditangani oleh tim, ini masih di TPA," kata pria yang akrab disapa Yuda tersebut.***(Tian)

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan


Tags

Komentar

Terkini

X