Mensos Lakukan Kunjungan ke Lokasi Terdampak Gempa Bumi Pandeglang

- 17 Januari 2022, 21:11 WIB
Mensos Lakukan Kunjungan ke Lokasi Terdampak Gempa Bumi Pandeglang/ Kemensos/
Mensos Lakukan Kunjungan ke Lokasi Terdampak Gempa Bumi Pandeglang/ Kemensos/ /

ZONABANTEN.com – Pada Senin, 17 Januari 2022, Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan kunjungan di lokasi terdampak gempa bumi, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Dalam kunjungannya tersebut, Mensos menyampaikan bahwa upaya paling penting dalam mengurangi dampak bencana di kemudian hari adalah dengan mitigasi.

Mensos juga menjelaskan untuk mitigasi yang dimaksud, seperti penyiapan jalur evakuasi, tempat pengungsian, Lumbung Sosial, dan rencana relokasi jika diperlukan.

Baca Juga: Talk Show ‘Holding on to The Red Sleeve’ Tayang Akhir Januari, Para Pemain Siap Reuni Liburan Tahun Baru Imlek

“Mitigasi itu paling penting kedepannya. Di sini ada pengungsian tapi sejauh 18 km. terus saya sampaikan kepada Bupati untuk ke bukit terdekat dan disepakati tadi. Nanti di situ kita siapkan Lumbung Sosial sehingga ketika warga yang mengungsi di situ tidak takut kelaparan,” kata Mensos saat meninjau lokasi rumah rusak di Desa Taman Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Mensos juga mengatakan akan menyiapkan Lumbung Sosial di tempat rawan bencana, menurut pemetaan BMKG dan persetujuan Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

“Sekarang kita lebih cepat karena kita menyiapkan buffer stock di beberapa lokasi rawan bencana. Kami petakan dari kajian BMKG dan menyiapkan Lumbung Sosial di tempat-tempat yang sudah disepakati dengan aparat desa sehingga nanti memudahkan kalau diperlukan evakuasi. Kami juga menyiapkan tenda pengungsian yang dekat dengan rumah,” lanjut Mensos.

Baca Juga: Resep Membuat Smoothie Pisang dan Bayam, sebagai Minuman Sehat Saat dalam Program Diet

Setelah itu, Mensos melakukan kunjungan juga di Kampung Babakan Nangka, Desa Karya Buana, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang.

Halaman:

Editor: IDHY ADHYANINDA SUGENG MULYANDINI

Sumber: Kemensos


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x