Bentuk Tim Perkuat Keamanan Data Digital, Pemerintah Kota Tangsel Launching CSIRT

- 25 November 2021, 13:35 WIB
Pemerintah Kota Tangsel melaunching CSIRT atau Computer Security Insident, Response Team untuk memperkuat keamanan data digital
Pemerintah Kota Tangsel melaunching CSIRT atau Computer Security Insident, Response Team untuk memperkuat keamanan data digital /Diskominfo Tangsel


ZONABANTEN.com – Menyadari bahwa berkembangnya teknologi diiringi oleh kejahatan digital, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melaunching CSIRT atau Computer Security Insident, Response Team. Hal itu dimaksudkan guna memperkuat keamanan data digital yang dimiliki oleh Kota bertajuk Cerdas, Modern dan Religius tersebut.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie menyampaikan bahwa tim ini akan bertanggung jawab untuk melakukan pengaman terhadap data-data bersifat digital. Yang mana diketahui bahwa saat ini banyak sekali data digital yang disimpan oleh pemerintah.

”Tangsel memiliki bank data yang sangat besar dan semuanya penting, karena itu kami membutuhkan tim yang fokus terhadap pengamanan data digital, nah melalui CSIRT ini, diketuai oleh Kadis Kominfo Fuad,” ujar Wali Kota Tangsel, ditulis Kamis 25 November 2021.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Permanen

Wali Kota menambahkan pengamanan saat ini memang tidak bisa dilakukan di lingkungan masyarakat saja, melainkan di dunia digital. Apalagi, berkas yang biasanya disimpan dalam bentuk digital keberadaannya lebih penting dari dokumen manapun.

Kepala Dinas Kominfo Fuad menyepakati hal tersebut, dimana diketahui bahwa dalam satu bulan situs resmi Pemerintahan Kota Tangerang Selatan mengalami penyerangan sebanyak ratusan kali.

”Bahkan pernah dalam satu bulan, percobaan peretasan hingga jutaan kali,” ujar Fuad.

Menyadari hal tersebut, dirinya bersama anggota tim menetapkan bahwa CSIRT merupakan tim yang sangat dibutuhkan dalam rangka upaya pencegahan peretasan di lingkungan Pemkot Tangsel.

Kepala Dinas Kominfo Tangsel Fuad menyebut bahwa dalam satu bulan situs resmi Pemerintahan Kota Tangerang Selatan mengalami penyerangan digital sebanyak ratusan kali.
Kepala Dinas Kominfo Tangsel Fuad menyebut bahwa dalam satu bulan situs resmi Pemerintahan Kota Tangerang Selatan mengalami penyerangan digital sebanyak ratusan kali. Diskominfo Tangsel

Baca Juga: Lagi-lagi! Kali Ini Giliran Roberto Mancini yang Tolak Pendekatan dari Manchester United

Halaman:

Editor: Ari Kristianto


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X