Satpol PP Sebut Warga Tangsel Patuh Bermasker, Ketua IDI Banten: Bisa Bebas Covid-19, Asal Disiplin

- 16 Juli 2021, 16:11 WIB
Ketua IDI Banten Budi Suhendar
Ketua IDI Banten Budi Suhendar //Iwan Pose

ZONABANTEN.com - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Banten Budi Suhendar menegaskan, dengan patuh menggunakan masker, masyarakat dapat mengantisipasi penularan Covid-19. Menurutnya, bermasker sangat efektif dalam menanggulangi penyebaran virus corona tersebut.

"Sangat efektif (dalam menanggulangi penyebaran Covid-19). Masker akan menutup saluran pernapasan dan mulut kita. Yang mana kita ketahui, asal muasal penularan virus Covid-19 berasal dari seseorang yang mengidap Covid-19 tersebar kepada orang lain melalui droplet," kata Budi Suhendar kepada wartawan, ditulis Jumat 16 Juli 2021.

Budi sapaan akrabnya, dengan disiplin menggunakan masker, angka penularan Covid-19 sangat dapat ditekan. Bahkan, imbuhnya, virus tersebut akan hilang, jika masyarakat sadar dengan pemggunaan masker secara baik dan benar.

"Tentu (dapat menekan penyebaran Covid-19). Itu ada relasinya dengan tertib masker. Intinya begini, perilaku penggunaan masker itu harus benar yaitu menjaga diri dan orang lain, sehingga kalau kita tidak disiplin dalam konteks yang tadi, kita tidak pernah tau orang yang kita temui orang yang sehat atau tidak," tegas Budi.

Baca Juga: Jadi Trending Topik di Twitter, Aldi Eks CJR Dituduh Tipu Fans dan Sebut Kata Tak Pantas

"Sepanjang pemahaman masyarakat menggunakan masker dengan benar, dan menjaga pertemuan atau kerumunan dengan benar, maka akan sangat berkontribusi besar dalam penurunan jumlah penularan Covid19 ditambah dengan mencuci tangan menjaga jarak dan menghindari krumunan," tambahnya.

Budi menghimbau, agar masyarakat di Provinsi Banten tetap disiplin dalam melakukan 3 M. Hal itu (disiplin), diyakininya dapat mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19.

"Disiplin itu yang utama, kita harus bisa memastikan seluruh masyarakat disiplin terhadap pencegahan. Dengan itu akan terasa penurunan pasien Covid-19. Jangan lupa juga, bahwa penurunan itu diikuti dengan model pencegahan lain. Tetap ikuti protokol kesehatan, memakai masker secara benar, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memastikan bahwa, masyarakat di kota bertajuk Cerdas, Modern dan Religius tersebut telah patuh dalam menggunakan masker.

Halaman:

Editor: Ari Kristianto


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X